Apa Itu Kepo? Istilah Gaul yang Wajib Kamu Ketahui

Ini nih salah satu kata slang yang perlu kamu tahu maknanya agar tidak dibilang kudet. Pasti kamu sudah sering mendengar kata ‘kepo’, baik dalam percakapan sehari-hari maupun tulisan di chat atau status media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Misalnya ‘Saudara lama enggak ketemu tiba-tiba nanyain gaji gue. Kepo banget sih dia‘. Lalu, apa itu kepo?

Pengertian kepo

Istilah ini berasal dari bahasa Tiongkok Hokkian ‘雞婆’ yang dibaca ‘Kay poh’ atau ‘kaypo’. Di Indonesia, pengucapan dan tulisannya disesuaikan menjadi ‘keypo’ atau ‘kepo’. Artinya adalah orang yang suka mencampuri urusan orang lain alias ingin tahu ihwal orang lain secara berlebihan. Berjumpa kerabat yang masih lajang lalu menginterogasi sudah punya pacar atau belum, kenapa belum menikah, ada gebetan atau tidak, kriteria kekasih idaman yang bagaimana, ujung-ujungnya menilai si jomblo belum berusaha secara maksimal tapi tidak membantu mengenalkannya ke siapa-siapa. Ada teman baru melahirkan ditanya-tanya mulai dari laki-laki atau perempuan, berat bayi berapa, panjangnya berapa, normal atau bedah cesar, ditemani suami atau tidak, pakai epidural atau tidak, di air atau di atas tempat tidur, mengejan berapa kali, berapa jahitan, sampai jahitannya simpul terputus atau jelujur. Duh, kalau bertemu dengan orang yang kepo seperti ini, rasanya ingin menutup mulutnya dengan penjepit jemuran. Mungkin contoh di atas terlalu hiperbolis, tapi sedikit atau banyak pertanyaaanya tidak jarang membuat orang lain menjadi sebal. Inilah yang menyebabkan kata ‘kepo’ berkonotasi negatif.

Contoh Penggunaan

“Baru saja berpapasan dengan mantan di jalan. Kok dia tambah cakep ya? Deg-degan juga ga ya dia ketemu gue? #CLBK #kepo #mantan”
“Ini makan siangku hari ini. Kalau kamu? #piza #maksi #kepo
A: “Penyanyi Rossa kok cerai ya? Padahal kelihatannya hubungan dengan suaminya baik-baik aja.”
 B: “Mana gue tahu. Kepo amat sih.”
 A: “Apa itu kepo?”
 B: “Pengen tahu banget urusan orang lain. Macam lu itu!”
A: “Lagi apa, di mana, sama siapa, Say?”
 B: “Pacar sih pacar, tapi kepo banget ya kamu.”

Sekarang kamu sudah tidak penasaran lagi apa itu kepo, kan? Bagaimana pendapatmu? Apakah kamu punya teman yang kepo? Atau kamu sendiri adalah tipe yang sering kepo?

Baca Juga  Apa Itu Swag? Istilah Gaul yang Wajib Kamu Ketahui

Reply