​Akan Ada Sejuta Rasa Saat Menghadiri Kondangan, Persiapkan Style Baju Kondangan yang Sesuai

Bagaimana perasaanmu saat menghadiri kondangan? Bisa jadi bervariasi. Ada yang senang dan bersuka cita, ada pula yang malah bersedih dan gundah gulana. Datang asal-asalan saja.. maklum, sudah lama Jones, alias Jomblo Ngenes.. Iri, patah hati, marah atau malah benci.

Eits.. lupakan semua perasaan yang negatif. Sebab hadir pada kegiatan kondangan memberikan dampak luar biasa bagi mereka yang menikah dan kita sendiri. Pada kegiatan tersebut segala doa terpanjatkan. Optimisme, keyakinan dan harapan terbangun tinggi. Mereka membutuhkan doa restu kita semua. Mereka berharap kebahagiaan sejak awal kehidupan yang coba diraihnya. Ini adalah estafet penting kehidupan dua insan membangun sebuah keluarga.

Hadirnya kita semua sebagai tamu undangan bermakna penting. Selain doa restu, kehadiran kita adalah sebuah support, pemberi semangat harapan dan optimisme. Kita juga dihadirkan sebagai saksi, bukti bahwa ada ikatan baru yang menghalalkan banyak perilaku yang sebelumnya dilarang dan haram. Dengan demikian kita semua terhindar dari fitnah.

Apa Itu Kondangan?

Dari kata ke undangan. Ini memang bermula saat kita menerima undangan. Biasanya lantas kita menghubungi beberapa orang terkait, baik teman, saudara, dan lain sebagainya untuk bersama-sama hadir pada kegiatan tersebut.

Karena itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kondangan diartikan dengan pergi menghadiri undangan perkawinan dan sebagainya (untuk mengucapkan selamat dan sebagainya).

Apa yang Terjadi Pada Acara Kondangan?

Banyak hal bisa terjadi, dan kecenderungan keseluruhan memberikan kesan sangat positif. Bahkan bagi sebagian orang, ada sejuta rasa saat hadir pada acara pernikahan. Lebih-lebih bagi kita yang belum menikah. Hmm.. campur aduk rasanya.

Mendapat Kenalan Baru

Meskipun dihadiri banyak orang dan bisa jadi tidak saling kenal, akan tetapi hadir pada kegiatan kondangan seolah mendekatkan semua yang hadir. Kadang bertemu dengan teman lama yang hadir dengan temannya yang belum kita kenal, atau dengan saudaranya teman. Karena itu tidak heran hadir pada kegiatan kondangan sering menghasilkan pertemanan baru.

Bahkan tidak jarang di sela-sela kegiatan kondangan ada yang lirik kanan  atau lirik kiri. Siapa yang dilirik? Misalnya saja temannya teman, adiknya bibi, keponakan teman, temannya saudara, dan lain sebagainya. Jadi tidak mustahil tatapan mata yang beradu pada saat acara kondangan akan memberikan harapan mendapatkan pasangan hidup.

Bertemu Teman Lama

Moment bertemu teman lama adalah hal paling sering terjadi saat menghadiri kondangan. Aktifitas baru, pekerjaan baru, sekolah baru, perpindahan domisili, dan banyak alasan lainnya sering memisahkan kita dengan teman lama.

Baca Juga  Menyuguhkan Seserahan Pernikahan yang Romantis, Cantik Sedap Dipandang

Pertemuan terjadi karena secara umum keseluruhan teman mendapatkan undangan yang sama. Karena itu pada moment kondangan seperti obat rasa kangen. Bagaimana rasanya saat bertemu dengan teman lama? Sudah pasti (secara otomatis) bibir kita akan ditarik membuka dan tersenyum lepas karena bahagia.

Ajang Reuni

Menghadiri kondangan bisa berubaha mendadak menjadi ajang reuni. Banyaknya teman lama yang terkumpul sudah pasti membuka semua kenangan terdahulu. Bagaimana rasanya bercerita tentang masa lalu?

Jangan anggap sesuatu yang dulu menyakitkan tetap terasa sakit saat ini. Sebaliknya, yang kita anggap dulu tidak menyenangkan, sia-sia, bahkan yang sangat menyakitkan akan berubah drastis saat moment itu diceritakan. Semua berubah menjadi cerita yang menarik, mengundang gelak tawa dan membahagiakan.

Ajang Silaturrohim

Silaturrohim adalah sarana menyambung tali persaudaraan. Bisa jadi kita sedikit sekali mempunyai waktu untuk saling berbicara dan bercengkerama saat di kantor. Semua sibuk oleh tugas dan aktifitas masing-masing. Maka hadir bersama pada kegiatan kondangan menyatukan kembali sisi kemanusiaan kita. Hal yang terasa lepas kembali dapat kita rajut.

Selain silaturrohim dengan teman dekat dari ruang pekerjaan kita, kondangan juga memberikaan manfaat kepada kita untuk bersilaturohim dengan saudara dan family jauh yang hadir. Ada ikatan kekeluargaan yang kembali terkumpul. Ada rasa kebersamaan yang terukir seperti baru lagi.

Dari silaturrohim ini, sering masalah-masalah yang menjerat kita mulai terurai. Ada saudara yang peduli, ada tukar informasi yang ternyata kita butuhkan, dan tidak jarang ada peluang mendapatkan rizki yang lebih baik. Bisa jadi peluang kerja baru atau peluang bisnis. Inilah memang manfaat besar sebuah kegiatan silaturrohim.

Bersifat Hiburan

Iayalah.. Bagi kita yang suka bersenang-senang, rasanya tempat resepsi bisa menjadi pilihan yang mudah dan menarik. Apalagi bagi yang bersuara bagus. Resepsi sering menghadirkan penyanyi lengkap dengan perangkat music, Live!

Kesediaan kita ikut serta menikmati suguhan hiburan yang ada tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi diri kita sendiri. Tapi juga bagi semua orang yang hadir, termasuk pengantin dan keluarganya. Kesediaan bernyanyi di panggung menjadi moment special yang sudah pasti akan diabadikan dalam rekaman video keluarga, atau album istimewa sebagai kenangan yang setia disimpan seumur hidup.

Baca Juga  Tips Persiapan Singkat Empat Bulan Menuju Pernikahan

Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Menghadiri Kondangan

Jika tidak sedang berhalangan, menghadiri undangan pernikahan tentu moment yang menyenangkan bukan? Tidak heran sering kita jumpai seseorang yang rela terbang jauh untuk menghadiri resepsi pernikahan sahabat atau saudara. Tidak semata soal rasa hormat, sikap saling menghargai, wujud rasa sayang  dan juga berbagi kebahagiaan. Tentunya banyak manfaat dan berjuta rasa yang dapat kita nikmati.

Jangan Lupa Siapkan Style baju yang Sesuai

Hadir dan bertemu banyak orang rasanya tidak etis kita jika tampil ala kadarnya. Ini adalah sikap bagaimana kita juga menghargai diri sendiri. Pepatah Jawa mengatakan Ajining Raga Saka Busana. Artinya kurang lebih nilai dan harga diri kita salah satunya dapat kita lihat dari pakaian yang kita kenakan.

Untuk itu siapkan baju yang benar-benar sesuai. Banyak tips untuk mengetahui model atau style pakaian seperti apa yang sesuai dengan perawakan tubuh kita. Bagi perempuan bisa menggunakan kebaya sebagai perlambang penggunaan adat dan budaya. Bisa juga menggunakan busana keagamaan, seperti busana muslimah untk orang Islam.

Pemilihan style baju dapat disesuaikan dengan proporsi tubuh kita sendiri. Baik itu dari aspek kelonggaran, kenyamanan, corak dan motif baju yang digunakan. Kesesuaian tersebut memberikan nilai tambah pada inner beauty kita.

Sementara bagi pasangan yang sudah menikah, style baju yang sering digunakan adalah busana sarimbit. Hal ini memberikan kesan kebahagiaan dan kekompakan dengan pasangan dan keluarga. sarimbit juga memberikan kesan yang elegan dan berwibawa.

Dengan style baju yang sesuai, moment membahagiakan dan bertemu dengan banyak orang ini semakin sempurna. Sejuta rasa saat bertemu dengan orang-orang yang kita kenal dan kita sayang menjadi indah, penuh makna, dan sudah pasti memberikan kebahagiaan berlipat kepada kita sendiri atau keluarga penyelenggara resepsi pernikahan.

So, jangan ragu dan takut hadir pada kegiatan kondangan. Kalau Anda membaca sampai tuntas artikel ini, ternyata menghadiri kondangan adalah kegiatan yang menggembirakan. Apalagi jika diniatkan untuk ibadah, menyambung ikatan silaturrohim, memberikan doa restu dan berbagi kebahagiaan. Yang tidak kalah penting, persiapkan dengan baik khususnya pada style baju yang sesuai ya..

Selamat berbahagia

Tags:

Reply