Tips Persiapan Singkat Empat Bulan Menuju Pernikahan

Apa yang ada dalam bayanganmu saat mendengar pesta pernikahan?

Yang paling umum adalah kesan istimewa, mewah, sempurna, megah, tradisi yang agung, sakral, dan aneka sajian makanan dan juga hiburan yang menawan. Semua serba istimewa!

Dapatkah itu semua disajikan dalam waktu yang singkat? Hm.. Apalagi  dengan budget keuangan yang terbatas.

Rasanya semua seperti mustahil. Banyak yang bilang persiapan pernikahan tidak cukup waktu enam bulan. Apalagi tiga bulan atau empat bulan. Untuk hasil yang sempurna dan lebih mewah, persiapannya bisa semakin panjang.

Yang pasti, harus siap-siap uang meluncur deras dari kantong dan tabungan kita. Semua bisa ludes dalam satu kali hentakan pesta pernikahan.

Eiitts.. tidak begitu jugalah. Semua tergantung dengan diri kita sendiri. Sejauh mana kreativitas dan kecermatan kita menyesuaikan antara keuangan dan model rangkaian kegiatan pesta pernikahan. Berikut kami bagikan tips yang membantu pesta pernikahan Anda berjalan megah dan istimewa, persiapan yang singkat dan tentu juga lebih hemat.

Kedengarannya ini hanya klise? Bukan! Beneran silakan disimak tips-tips berikut ini.

Dengan alokasi waktu sekitar 4 bulan, Anda dapat melakukan penataan dan persiapan pesta pernikahan dengan seksama. Lakukan langkah-langkah berikut ini.

Penentuan Tanggal Pernikahan

Biasanya tanggal pernikahan menyesuaikan dengan adat dan kepercayaan setempat. Hal ini bukan soal. Anda harus menghormati pandangan dan keyakinan orang lain, asal tidak berpengaruh pada keyakinan Anda sendiri.

Dengan bersikap toleran, Anda dapat mempercepat proses penentuan tanggal pernikahan. Estimasikan satu minggu cukup untuk berdiskusi antar kedua belah pihak keluarga. Anda harus berperan  aktif sebagai penyambung atau eskalator kedua keluarga. Kemampuan dan kemauan Anda bersikap dewasa berpengaruh pada kelancaran komunikasi kedua keluarga. Upayakan pencarian tanggal selesai dalam satu pekan (minggu pertama).

Mengurus Administrasi

Jangan menunda kegiatan administratif. Sebaiknya segera saja dahulukan, agar tidak mengganggu kegiatan teknis pesta pernikahan.

Apa saja syarat administratif pernikahan?

Silakan segera datang langsung ke KUA dan catat semua, mulai dari fotokopi KTP, KK, pas foto berwarna, surat pengantar RT/RW dan lain sebagainya. Lakukan dengan semangat, energik, penuh senyuman, tapi tetap tenang dan jangan terburu-buru ya.

Kegiatan ini dapat Anda lakukan bersamaan dengan proses pencarian tanggal pernikahan. Atau setidaknya pekan kedua telah selesai.

Tema dan Lokasi Pernikahan

Dua hal penting sudah terlewati dengan baik, yakni tanggal pernikahan dan kegiatan administratif. Pada pekan ke-3, saatnya mencari tema yang tepat, sekaligus tempat pernikahan yang sesuai. Jika Anda orang kampung, rasanya tempat bukan soal. Anda tinggal menyambangi beberapa teman karang taruna, meminta pendapat mereka dan sambil meminta bantuan jika dibutuhkan.

Baca Juga  Menikah Usia Muda, Baik Atau Tidak Baik Sih?

Akan tetapi bagi Anda masyarakat kota, mencari lokasi pesta pernikahan tidaklah mudah. Apalagi di jika waktu pernikahan bertepatan dengan momen idul fitri. Biasanya buanyak banget yang mengadakan pesta pernikahan pada hari-hari tersebut.

Untuk itu, jangan segan untuk menghubungi beberapa teman, kolega, famili, vendor dan lain-lain. Sampaikan dengan baik dan tenang proses pencarian tempat pernikahan. Karena ini adalah momen yang istimewa, biasanya akan banyak suadara atau teman yang dengan rela hati membantu kita.

Belanja Cincin Pernikahan, Seserahan dan Souvenir

Memasuki minggu keempat hingga satu bulanan, persiapan beralih pada belanja dan belanja. Ini adalah persiapan pernikahan yang paling mendebarkan. Segala sesuatunya dituntut untuk terlihat sempurna dan istimewa. Namun jangan khawatir. Apapun produk yang Anda pilih, baik itu cincin, souvenir dan juga berbagai seserahan pernikahan dapat terlihat menawan dan sempurna.

Yang terpenting adalah komunikasi Anda dengan calon istri atau suami Anda. Berikan pemahaman agar pengeluaran sesuai dengan budget anggaran Anda. Selebihnya, untuk memberikan kesan yang mewah dan sempurna, Anda tingga mempoles segala sesuatunya dengan kemasan yang menawan.

Memilih Pakaian Pengantin

Masih soal belanja, ini dia yang tidak kalah penting. Fokus semua orang pada saat pernikahan tentu saja Anda bersama suami/istri Anda sebagai pengantin baru. So, jangan lupa untuk memastikan baju pengantin yang sesuai dengan tema dekorasi pesta pernikahan Anda.

Selain baju utama pengantin, jika dibutuhkan Anda dapat sekaligus memesan pakaian sarimbit atau couple, atau sebut saja baju pengantin kedua. Jadi pada saat pesta pernikahan selesai, Anda dapat segera berganti pakaian yang lebih sederhana untuk melayani kemungkinan banyak tamu yang hadir memberikan do’a restu pernikahan Anda.

Saatnya Berburu Undangan dan Katering

Waktu terus berjalan, dan Anda telah melewati momen penting kesempurnaan pesta pernikahan. Saatnya untuk merencanakan siapa saja yang hadir Anda undang. Susun dengan baik list orang-orang yang Anda undang. Jumlah undangan tersebut seiring dengan bdget dan jumlah catering yang Anda pesan.

Baca Juga  ​Indahnya Malam Pertama Pernikahan Berbalut Sunnah Rasullah

Atau bagi Anda orang kampong, biasanya pesta pernikahan  dimulai dengan menghadirkan banyak tetangga untuk membantu. Jika keluarga setuju, lebih baik buatlah panitia khusus pesta pernikahan Anda, dengan penanggungjawab bukan dari keluarga inti Anda. Hal ini dimaksudkan agar pesta kebutuhan teknis pada saat berlangsungnya pesta pernikahan tidak mengganggu khidmat dan sakralitas Anda sebagai aktor utama pesta pernikahan.

Menentukan Rias Pengantin dan Dokumentator

Memasuki hari penting pernikahan Anda, segera pilih rias pengantin terdekat atau sesuai kepercayaan Anda. Tanyakan sekalian tukang foto yang kosong dan dapat membantu mendokumentasikan segala pernik kegiatan pesta pernikahan Anda. Pilih fotografer yang sudah berpengalaman, setidaknya sudah tiga tahun bekerja sebagai fotografer pesta pernikahan.

Lamaran Pernikahan

Pada bulan ketiga, proses lamaran segera dapat dilakukan. Jangan lupa membawa seserahan pada proses lamaran. Lalu komunikasikan lagi dengan keluarga calon istri, karena secara umum seserahan juga diberikan oleh pihak keluarga calon suami pada hari H pesta pernikahan, saat keluarga suami datang ke acara pernikahan. Akan tetapi tentu setiap daerah mempunyai tradisi yang bisa jadi tidak sama.

Bulan Keempat, Siapkan Mental dan Memantau Segala Persiapan dengan Tenang

Segala persiapan harus sudah selesai pada saat memasuki bulan keempat. Saatnya Anda bersikap tenang dan memantau segala persiapan dengan seksama. Jika masih banyak yang terlewatkan, segera lakukan komunikasi dan diskusi dengan ketua panitia (jika dibuat kepantiaan), atau dengan keluarga terkait bagaimana cara memenuhinya.

Persiapan singkat empat bulan menuju pernikahan ini bukan satu-satunya jaminan bahwa pernikahan Anda dapat berjalan sempurna, istimewa, mewah dan mengesankan. Yang jauh lebih penting adalah sikap Anda dalam mempersiapkan segalanya dengan baik, tenang, mampu menempatkan diri di tengah banyak orang, bersikap optimis, tidak mengeluh, mampu mendengar dan memutuskan dengan baik, dan juga kedisiplinan Anda melakukan control serta perhatian pada berbagai teknis persiapan.

Ini sama artinya dengan kemampuan leadership Anda diuji. Selain peran penting keluarga, baik keluarga Anda maupun keluarga calon istri, sikap ledership Anda akan berpengaruh memberikan kesan yang lebih istimewa di hadapan banyak orang, baik tamu undangan ataupun sanak famili, keluarga, dan teman-teman Anda.

Reply